Apakah Cwm, Twrp, Dan Root Itu Bagus

Apakah CWM, TWRP, Dan Root Itu Bagus ?
Image By Info Updates

Sedikit Intro

Bagi para pengguna handphone Android khususnya yang sudah memiliki akses root. tentu sudah tidak asing lagi dengan hal yang satu ini, yaitu adalah custom recovery. Lalu apa itu custom recovery ?

Custom Recovery adalah Recovery yang telah diubah dari Recovery bawaan pabrik menjadi Recovery pihak ketiga. Dan sudah jelas terdapat perbedaan antara Custom Recovery dengan Recovery Bawaan yang nanti akan saya bahas dibawah.

Pertanyaan 1

Apakah custom recovery itu diharuskan untuk dipasang ?

Jawaban

TIDAK !

Namun ada beberapa pengguna yang sepertinya Mewajibkan untuk memasangnya, dengan kata lain tidak lengkap jika Handphone root tanpa recovery custom !

AlasanCustom recovery diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan handphone yang memiliki akses root dan ingin meng kustomisasikan handphone yang mereka punya. Seperti apa itu ?

Pertanyaan 2

Apa keuntungan dan kerugian dari pemasangan custom recovery ?

Jawaban

Seperti yang saya jelaskan di atas tadi, custom recovery hanya untuk mereka yang sudah biasa menggunakan handphone dengan akses root. Dan mereka yang memiliki akses root ini selalu merasa kurang dan ingin mencari sesuatu yang baru dari apa yang mereka gunakan saat ini. Seperti..

  1. Mengganti, menambah atau menghapus font yang sudah ada pada sistem.

  2. Memanipulasi kernel (merubah pengaturan sistem yang ada pada kernel mode).

  3. Menggonta-ganti build prop.

  4. Mengganti nomor IMEI "Saat ini mengganti NOMOR IMEI sudah tidak diperbolehkan lagi".

  5. Serta membikin tema sendiri, dan banyak lagi yang bisa dilakukan oleh pengguna handphone yang telah memiliki akses root.

Untuk pemasangan custom recovery sendiri, Saya rasa sangat penting jika mereka memang benar-benar membutuhkannya, dikarenakan memasang custom recovery dapat membuat sebuah cadangan pada handphone yang sering dikenal dengan sebutan (Backup) apabila terdapat suatu kerusakan bisa dikembalikan seperti semula atau ke titik terakhir pada saat handphone itu dalam keadaan normal.

Selain itu custom recovery juga berfungsi sebagai alat untuk menyelamatkan handphone dari yang namanya bootloop, brick atau bahkan mati total !

Dan custom recovery juga berfungsi sebagai alat instalasi file yang berjenis zip, img, tar dan lain-lain.

Pertanyaan 3

Apa saja kerugian yang ditimbulkan dari pemasangan custom recovery ?

Jawaban

  1. Kerugian atau dampak negatif yang timbul setelah melakukan pemasangan custom recovery sudah jelas garansi akan hilang, namun melakukan pemasangan custom recovery belum tentu mendapatkan akses root (jika hanya memasang custom recovery saja).

  2. Baterai cepat panas karena custom recovery selalu aktif seperti recovery pada umumnya, yang membuat baterai cepat habis adalah fungsi tambahan dari custom recovery itu sendiri yang membuat daya terkuras sedikit cepat.

  3. Kesulitan untuk bisa update OS ke versi terbaru, itu disebabkan custom recovery berbeda dengan recovery yang ada pada setelan pabrik jelas berbeda dan sudah dipastikan tidak mungkin akan bisa melakukan upgrade OS Android ke versi selanjutnya (kecuali jika anda mengunduh lalu menyimpannya terlebih dahulu).

  4. Rentan terkena Virus, Malware, Adware dan lain lain yang menimbulkan resiko kerugian baik Materi, Waktu atau Data Penting yang hilang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url