Apa Itu ZIP Dan RAR

Apa Itu Zip Dan Rar ?
Image By Randy Prince

ZIP adalah format file arsip yang mendukung kompresi data lossless atau rendah.

File ZIP mungkin berisi satu atau lebih file dan direktori yang mungkin telah dikompres atau belum tersentuh sama sekali. Format file ZIP awalnya diciptakan pada tahun 1989 dan dirilis ke domain publik pada tanggal 14 Februari 1989 oleh Phil Katz dan pertama kali diterapkan di PKWare Inc's PKZIP utilitas sebagai pengganti format sebelumnya yaitu ARC kompresi oleh Thom Henderson.

Format ZIP kemudian dengan cepat didukung oleh banyak utilitas perangkat lunak selain PKZIP, Microsoft-pun telah menyertakan dukungan ZIP bawaan dengan nama "Folder Terkompresi" dalam versi Microsoft Windows sejak tahun 1998. Apple juga telah menyertakan dukungan ZIP bawaan di Mac OS X 10.3 melalui BOM Archive Helper "BAH" yang sekarang dikenal dengan nama Archive Utility dan yang lebih baru.

Zip sendiri umumnya dikenal banyak orang adalah File yang Dikompress dengan tujuan memperkecil ukuran atau kapasitas memori yang digunakan, ada juga yang menggunakan Zip dan mengkompressnya dengan tujuan agar mudah Diakses, ditemukan atau bahkan hanya sekedar merapikan isi pada sebuah folder. Agar tidak membingungkan pemiliknya.

Bagaimana cara membuka File ZIP ?

Caranya dengan menggunakan Software/Program yang mendukung Compress/Extractor filer seperti 7Zip, Winrar, B1 Archiver dll.

Saat ini file zip juga sudah bisa dibuat dan dikompress pada android, dan software yang dapat melakukan Compress atau Extract file zip di android yaitu RAR, Es File Explore, Xplore dan masih banyak lagi. Tapi saya rekomendasikan jika kamu menggunakan android lebih baik pakai RAR. Karna tidak terlalu sulit digunakan walau kamu baru saja menggunakan nya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url